RSS

Bagaimana Menentukan Skala Prioritas dari Jadwal To do List Anda


Apakah Anda orang yang sibuk? Seberapa banyak aktifitas yang Anda harus jalankan setiap harinya? ratusan, ribuan atau jutaankah? hahaha, it must be nonsense right? Pulahan mungkin iya, lebih logis. Tentunya jika Anda punya puluhan Skedul yang harus dilakukan, saya yakin Anda akan pusing menentukan mana yang harus diprioritaskan dan mana yang sifatnya sekunder dan tersiar karena mungkin semua "to do" list itu Anda anggap sama pentingnya. Bayangkan saja jika hari ini Anda punya 10 "to do" list tapi Anda bingung mau melakukan yang mana terlebih dahulu, yang pastinya terjadi adalah banyak kerjaan Anda terbengkalai.


Jika sudah begini, kira2 apa yang harus dilakukan? Nah, untuk mengatasi masalah ini saya ada beberapa tips bagus untuk Anda:

1.) Buatlah "to do" list Anda hari ini dan bagi ke dalam 3 kategori. Untuk membuat kategorisasi atau klasifikasinya, buatlah kolom berurut ke samping. Kolom paling kiri adalah Kategori "kerjaan dengan resiko besar jika tidak dilakukan, Top priorities." Selanjutnya di kolom kedua di sampingnya, tulislah kategori aktifitasnya "Aktifitas Mendesak." Dan kategori terakhir di kolom paling kanan, "Kurang Mendesak."


Di kolom pertama, pada kategori top prioriti, aktifitasnya mencakup aktifitas utama dimana aktifitas ini jika tidak dilaksanakan akan merusak aktifitas susulan lainnya, atau mungkin yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga. Intinya pada kategori ini, jika aktifitasnya tidak diselesaikan secepat mungkin maka akan menghancurkan aktifitas lainnya. Dan seterusnya second and third priority. Setelah itu lihat kembali dan check tingkat urgensinya.

2.) Selanjutnya setelah Anda menyelesaikan order prioritinya, susun kembali urutan aktifitas tersebut berdasarkan waktu penyelesaiinya. Selesaikanlah dulu tugas yang menuntut deadline yang paling terdekat.

3.) Untuk membiasakan diri dengan keteraturan prioritas, buatlah jadwal mingguan. Alangkah Baiknya punya Schedule Board.

Posted in: Dunia Kerja

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Memang benar sekali itu. Tapi terkadang meleset juga jadwalnya meskipun kita sudah tuliskan di Agenda. Nice Articel

Posting Komentar

Copyright 2009 HIJAB RAHMAH. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates