RSS

Makanan untuk Kulit Sehat


Penulis : Ikarowina Tarigan


Makanan untuk Kulit Sehat

yeeunion.com
MAKANAN yang tepat merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, lebih cerah dengan tekstur yang lebih lembut dan lebih sedikit kerutan. Menurut Dr Nicholas Perricone, seorang pakar dermatologi dari Yale University School of Medicine, peremajaan kulit bisa dilakukan dengan program 3 hari penuh mengonsumsi ikan, buah, sayuran dan olive oil. Menurut Perricone, banyak masalah kulit, seperti jerawat, bisa diatasi melalui modifikasi diet. Untuk mendapatkan wajah yang lebih cantik dan sehat, berikut beberapa makanan yang bisa Anda padukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sayuran hijau untuk melawan jerawat. Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau juga sumber makanan yang kaya zat besi. Perempuan yang kekurangan besi cenderung lebih mudah mengalami munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Sayuarn hijau juga mengandung seng. Dalam sebuah studi dari Swedia ditemukan, pasien-pasien yang cenderung berjerawat mengalami pengurangan jerawat sebanyak 85% setelah 3 bulan menambahkan suplemen seng ke dalam diet mereka. Seng juga membantu memecahkan kolagen yang rusak, sehingga memungkinkan pembentukan kolagen yang baru.

2. Air untuk menjaga kelembaban kulit. Dehidrasi akan membuat kulit terlihat pucat dan kusam. Dan air merupakan solusi terbaik dalam mengatasi masalah kulit yang satu ini. Kulit yang kecukupan air akan terlihat lembab dan montok. Dengan begitu, kerutan-kerutan akan tersamarkan. Untuk melihat hasilnya, pastikan Anda minum 9 gelas air ukuran 200 mililiter setiap hari. Tentunya perlu ditambah jika Anda berolahraga.

3. Minyak sayur atasi kulit kering. Asupan lemak yang cukup merupakan salah satu kunci kulit yang lembut dan lentur. Pakar dermatologi menyatakan, kulit kering merupakan indikasi kurangnya asupan lemak yang baik, seperti lemak yang terdapat dalam sesame oil, kacang dan olive oil. Satu sendok saja sehari, menurut peneliti, akan sangat berpengaruh terhadap kulit kering. Selain itu, menurut pakar dermatologi, asam lemak esensial dalam minyak sayuran akan mengatasi pori yang tersumbat dengan cara mengencerkan minyak yang dikeluarkan dari pori-pori.


4. Tomat matang untuk menjaga kelenturan kulit. Tomat kaya akan antioksidan vitamin A dan C serta komponen anti-kanker. Vitamin C membantu menjaga kulit tetap elastis dan mencegah kerutan. Vitamin A membantu menyembuhkan jerawat baik dari dalam maupun dari luar dengan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi.

5. Berries untuk melawan kerutan. Berries merupakan makanan yang kaya polyphenols, antioksidan yang berdasarkan studi dinyatakan bisa memperlambat proses penuaan. Buah lezat ini juga bisa melindungi ingatan jangka pendek dan keseimbangan. Studi-studi menunjukkan, berries mengandung antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan setumpuk jeruk.

6. Ikan sarden untuk meredakan peradangan. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi melawan peradangan. Asam lemak esensial ini berfungsi melawan radikal bebas yang merusak kolagen serta membantu menyamarkan kerutan-kerutan di wajah. Selain itu, ikan ini juga mengandung seng yang berfungi menghambat munculnya jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang masimal, pakar dermatologi menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan sarden 3 kali seminggu.

7. Melon untuk mengatasi muka kusam. Buah berwarna terang ini kaya akan komponen menyerupai karoten seperti lycopene, yang berfungsi mengurangi kerusakan kolagen yang memicu munculnya kerutan.

8. Kedelai mengatasi jerawat. Baik dalam bentuk alami maupun hasil produk seperti tahu, makanan satu ini sangat baik untuk kulit. Kedelai kaya akan zat kimia seperti estrogen yang bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kedelai juga kaya vitamin E yang mempromosikan pertumbuhan sel-sel baru dan menjaga kelembaban kulit.

9. Wortel untuk menghambat kerutan. Wortel kaya beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A, kunci untuk mencegah kulit kering dan kusam.

10. Oatmeal untuk mengeluarkan racun-racun. Serat yang terkandung dalam oatmeal akan membantu menyaring racun-racun sehingga menghasilkan kulit yang cerah bercahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 HIJAB RAHMAH. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates